Paragraf Eksposisi

Paragraf  Eksposisi
  • Pengertian
Karangan yang bersifat paparan yang bermaksud memberikan pengetahuan tentang hal tersebut kepada pembacanya
  • Jenis pengembangan eksposisi
  1. Proses atau cara
  2. Klasifikasi (pembagian)
  3. Definisi
  4. Ilustrasi
  5. Perbandingan
  6. Laporan
1. Eksposisi proses/cara

merupakan urutan dari tindakan-tindakan untuk menghasilkan suatu peristiwa

Contoh eksposisi proses
Pernahkah Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persiapkan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tertentu; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan melalui latihan atau belajar sungguh-sungguh
2. Eksposisi klasifikasi

Merupakan suatu pokok masalah yang dipecahkan menjadi bagian-bagian dan kemudian digolongkan secara logis dan jelas menurut dasar penggolongan yang berlaku sama pada tiap bagian tersebut

Contoh eksposisi klasifikasi: 

Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat batuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat.
Menerangkan arti kata
3. Eksposisi definisi
Menerangkan arti kata
Contoh eksposisi definisi
POC (Pandanus Cocos Oil) adalah hasil perpaduan antara minyak buah merah asal Papua dan minyak kelapa murni (Virgin coconut oil). Khasiatnya memang tidak perlu diragukan karena kedua bahan penyusun POC tersebut kadang digunakan sebagai obat herbal peringkat atas. Minyak buah merah terbukti secara empiris menyembuhkan kangker.
4. Eksposisi ilustrasi
Merupakan teknik yang berusaha menunjukkan contoh-contoh nyata atau penjelasan yang konkret tentang suatu konsep
Contoh eksposisi ilustrasi
Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang belum makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.
5. Eksposisi perbandingan
Merupakan teknik yang mengemukakan uraian yang membandingkan antara hal-hal yang ditulis dengan sesuatu yang lain
Contoh eksposisi perbandingan
Sebenarnya bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan untuk Aceh. Namun pusat penelitian juga menawarkan rumah instan sehat sederhana alias “Risah”. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi pesan, sore huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risah memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risah sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36, memakai beton bertulang, dan kekuatannya terhadap gempa telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.
6. Eksposisi laporan
Merupakan eksposisi berdasarkan hasil kejadian atau peristiwa yang nyata (fakta) kemudian dibuat dalam bentuk laporan
Contoh eksposisi laporan
Pascagempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantah. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dmaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda-tenda darurat.
About these ads

2 thoughts on “Paragraf Eksposisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s